Gedung Sate di Kota Bandung Salah Satu Tujuan Wisata

Gedung Sate di Kota Bandung Salah Satu Tujuan Wisata, Gedung ini didesain oleh arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintahan Negeri Belanda. Diperlukan tenaga hingga 2. 000 orang pekerja. Diantara beberapa ribu pekerja itu, ada lebih kurang 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu dan pemahat batu yang begitu terampil di negerinya.

Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, mengatakan kalau Gedung Sate dengan rancangan kompleks Pusat Perkantoran Lembaga Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung yaitu satu maha karya besar. Disamping itu Coor Passchier serta Jan Wittenberg, dua orang arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, mengatakan kalau Gedung Sate yaitu satu bangunan monumental yang anggun serta menarik, dan memiliki style arsitektur yang unik, serta gigantik. Anda bisa sewa bus pariwisata Bandung bila ingin liburan kesini.

Gedung Sate sesungguhnya hanya beberapa kecil dari “Kompleks Pusat Perkantoran Insatansi Pemerintah Sipil” yakni cuma sekitaran 5% nya saja. Hindia Belanda yang tempati tempat Bandung Utara seluas 27. 000 mtr. persegi. Oleh masyarakat tempo dahulu “Gedong Sate” diberi nama “Gedong Bebe” yang lalu jadi lebih popular dengan nama “Gedung Sate” karna pada puncak menara gedung itu ada satu “tusuk sate” dengan 6 buah ornament berupa jambu air.

Gedung Sate terdapat di Jl Diponegoro Kota Bandung ini telah berdiri mulai sejak 27 Juli 1920. Dulu pada awal dibuatnya gedung sate ini desebut dengan nama “Gouvernements Bedrijven” yang di dirikan jadi satu diantara pusat pemerintahan belanda, karna pemerintahan belanda menetapakan kalau Kota Bandung jadi satu Ibu Kota Negeri Jajahan Belanda. Penentuan Kota Bandung jadi satu Ibu Kota karna iklimnya yang sejuk serta begitu pas untuk jadikan jadi ibu kota, serta saat itu Iklim di kota Bandung seperti senyaman perancis selatan pada musim panas.

This entry was posted in Tempat Wisata and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *